Sektor Pariwisata Mampu Dongkrak UMKM

Rabu, 26 Desember 2018
PEKANBARU, 26 Desember 2018
Pengembangan Sektor Pariwisata Picu Pertumbuhan UMKM
PEKANBARU-Sektor pariwisata terus dikembangkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Ini tentunya bisa membawa angin segar bagi pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Pekanbaru.

Hal ini terungkap pada kegiatan Tourism Outlook 2019, dalam kegiatan diskusi dengan tema "Membangun Kerangka Berfikir Kepariwisataan pada masyarakat", Rabu (26/12/2018), di Taman Pancing dan Rekreasi Alamayang, Kota Pekanbaru.

Pada kegiatan yang dihadiri seratusan peserta tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Pekanbaru yang diwakili Ardiyansyah, Ketua Bidang OKK PWI Bambang Irawan, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STP Riyono Gede Trisoko, Ketua AJOI Pekanbaru Mashuri Kurniawan, Rumah Pariwisata, perwakilan Dispora dan masyarakat Pekanbaru yang perduli dengan Kepariwisataan, blogger, UMKM, dan wartawan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Pekanbaru, Ardiansyah mengatakan, UMKM dan Pariwisata memang memiliki hubungan erat. Dapat dikatakan pelaku UMKM akan bertumbuh secara pesat dengan adanya kemajuan di sektor pariwisata.

Pelaku UMKM dapat memasok kebutuhan terkait dengan pariwisata, seperti layanan wisata, kuliner, home stay hingga cendera mata atau suvenir.

Jadi, kata dia, UMKM akan terbantu sekali dengan bergeraknya sektor pariwisata. Keberadaan daerah wisata akan menyuburkan dan menumbuhkan UMKM.

Di sisi lain, pariwisata itu butuh dukungan media dan UMKM.
Ia mencontohkan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), sektor pariwisata mereka sedang berkembang pesat seiring dengan pembukaan rute internasional.

Untuk itulah, sebutnya, harus seiring antara media, pariwisata, UMKM dalam menjalan kegiatan usahanya.

"Kita berharap media bisa bersama dalam memperkenalkan potensi pariwisata, UMKM yang ada di Kota Pekanbaru," jelasnya.

Oleh karena itu, sambungnya, pemerintah mendorong ekonomi kreatif di Pekanbaru, mahasiswa atau masyarakat yang berminat untuk berwirausaha.

"Dari segi pariwisata dan UMKM butuh media dalam memberikan informasi bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Semoga kebersamaan dalam diskusi ini kita bisa terus berkembang tahun 2019 nanti," ungkapnya lagi.

Menurut dia, menggambarkan hal positif bisa memberikan dampak menarik ditengah masyarakat.

Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STP Riau, Riyono Gede Trisoko mengatakan, dukungan pemerintah bagi pengembangan sektor pariwisata dan UMKM begitu besar.

Pemilik Taman Pancing dan Rekreasi Alamayang ini menambahkan, yang pasti, ada tiga hal harus dimiliki untuk bisa menjadi wirausaha.

“Pertama, kerja keras dan jujur, fokus dan memiliki jiwa yang kreatif,” ujarnya.

Untuk itu dirinya berharap, kerjasama media, sektor pariwisata, dan UMKM harus seiring untuk memberikan informasi menarik ditengah masyarakat.***

Related

Pekanbaru 4009063378677151402

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item