Optimalkan Pemanfaatan Lahan Tidur, STT Pelalawan Sukses Pasarkan Hasil Pertanian Unggulan

Senin, 05 November 2018

PANGKALANKERINCI, RIAUPUBLIK.COM--   Sekolah Tinggi Teknologi (STT ) Pelalawan memiliki pangsa pasar untuk memasarkan hasil produksi dari kebun praktek mahasiswa STT Pelalawan salah satunya yakni jenis semangka yang menjadi unggulan bersama, dimana hal demikian merupakan upaya produktivitas di dalam pemanfaatan lahan tidur yang  masih banyak belum di garap oleh masyarakat di Kabupaten Pelalawan ini.

Di dalam mewujudkan Inovasi Menuju  Pelalawan Emas ( Ekonomi Mandiri,Amanah dan Sejahtera ) dengan berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi mahasiswa STT Pelalawan memiliki kebun kampus yang terletak di Kecamatan Bandar Sei Kijang. 

Di areal tersebut mahasiswa menggarap dengan memanfaatkan lahan tidur dengan menanam sejumlah tanaman jenis semangka yang berjumlah 6000 pohon. Hal ini disampaikan oleh Ketua STT Pelalawan Prof.Dr.H.Detri Karya,MA melalui sambungan whatshapp kepada redaksi diskominfo.pelalawankab.go.id di Pekanbaru.Minggu (04/11)

"Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan memiliki kebun praktek yang berada di Kecamatan Bandar SeiKijang disana terdapat 6000 pohon semangka yang di tanam oleh mahasiswa kita.saat ini sudah panen 2000 pohon dan insyaallah akan menyusul panen 4000 pohon lagi di akhir november ini."  ucapnya.

Mantan Rektor Universitas Islam Riau ini mengatakan untuk pemasarannya kita sudah memiliki pangsa pasarnya dan di pasarkan secara mandiri langsung kepada pembeli.

" Semangka ini langsung di beli oleh pembelinya yang datang langsung sendiri ke kebun kita,dan saat ini kita tidak sulit untuk melakukan pemasarannya karena kita sudah memiliki konsumennya yang berasal dari kota Pekanbaru,Duri,Dumai dan sekitarnya.Selain kebun semangka di Bandar Sei Kijang kita juga memiliki di Langgam kebun percontohan dengan menanam jagung,cabe yang juga sebagai komiditinya dengan memiliki prospek yang sama dari hal pemasarannya." Sambung Prof.Detri

Prof Dr.H.Detri Karya menambahkan bahwa hal demikian kita lakukan untuk memanfaatkan lahan tidur yang ada khususnya di Kecamatan Bandar Sei Kijang, sekali lagi kita tidak ingin menyianyiakan lahan tidur yang ada disekitar kita, dan melihat bahwa pertanian adalah pekerjaan yang sangat menjanjikan dan selama ini sepertinya terabaikan, tanpa sentuhan ketekunan, keseriusan dan teknologi.

Yayasan Amanah Pelalawan sebagai yayasan yang menaungi STT Pelalawan sangat memberikan peluang kepada civitas akademika untuk lebih mengembangkan dan mendukung kemandirian STT Pelalawan. Perkebunan semangka adalah awal dari kebijakan Yayasan Amanah Pelalawan dalam mewujudkan STT Pelalawan yang mandiri dengan mengembangkan pertanian berkelanjutan."Akhirnya. ***

Related

Pelelawan 7357164595061775062

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item