Lulusan Perwira Polri Yang Ngangur, Asisten Kapolri SDM, Irjen Arief Sulistyanto: Yang Lulusan STIK Terbaik Kita Kirim Ke Papua


Kamis, 29 Maret 2018

JAKARTA, RIAUPUBLIK.Com-- Mengatasi banyaknya perwira Polri menganggur alias non-jobsetelah lulus dari Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian atau STIK, Mabes Polri akan menyalurkan mereka ke kepolisian daerah di luar Pulau Jawa, salah satunya Papua. Perwira yang dikirim ke Papua adalah yang menjadi lulusan terbaik dari STIK.

"Mereka kami minta tunjukkan kelebihan dan kehebatan mereka untuk membantu Polda Papua," kata Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Inspektur Jenderal Arief Sulistyanto di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis, 29 Maret 2018.

Ia melanjutkan, untuk ranking terbaik lulusan STIK rencananya ditempatkan di luar Pulau Jawa. Sebab, antrean jabatan struktural di Pulau Jawa saat ini sudah penuh. Menurut Arief, akan sulit bagi polisi berpangkat ajun komisaris polisi (AKP) naik ke pangkat selanjutnya karena antreannya sudah panjang.

Hari ini, STIK meluluskan 145 perwira pertama di Aula Mutiara PTIK, Jakarta Selatan. Mereka dinyatakan telah merampungkan pendidikan dan menyandang gelar sarjana ilmu kepolisian.

Dari ratusan perwira itu, empat di antaranya merupakan lulusan terbaik, yakni AKP M. Eko Prahutomo yang mendapatkan Bintang Widya Karya karena skripsi terbaik, AKP Jeifson Sitorus mendapatkan Bintang Widya Trengginas karena memiliki fisik terbaik, AKP Sang Nurah Wiratama mendapatkan Bintang Widya Tanggon karena mental terbaik, dan AKP Vandy Setiawan mendapatkan Bintang Widya Cendikia karena indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi 3,81.

Menanggapi rencana penempatan para lulusan terbaik itu di Papua, salah satu perwira, Vandy Setiawan, mengaku siap. "Kami akan setia pada keputusan dari pimpinan. Ditempatkan di mana pun, kami bersedia," katanya saat ditemui usai yudisium.

Vandy menambahkan, sejak awal menjadi polisi, dia dan rekan-rekannya sudah menandatangani perjanjian untuk mau ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

Sedangkan untuk anggota polisi lain, Arief berencana menempatkan mereka di jabatan struktural organisasi Polri dan polda baru yang ada di Indonesia, seperti di Kalimantan Utara.

Sebelumnya, anggota Komisi Polisi Nasional, Bekto Suprapto, mengatakan ada 414 perwira Polri menganggur atau non-job hingga Desember 2018. Bekto mengaku mendapat informasi itu dari Asisten Sumber Daya Manusia Mabes Polri Inspektur Jenderal Arief Sulistyanto.

Keadaan menganggur atau non-job itu biasanya terjadi selepas para perwira bersekolah pimpinan dan menolak dipindahkan ke daerah dan rela menganggur. Maksud menganggur tersebut adalah polisi ditempatkan sebagai analisis kebijakan dan tidak memiliki jabatan secara struktural.





Tempo//Riaupublik

Related

TNI/Polri 4229898795164879714

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item