ALAT BERAT MILIK PEMERINTAH ACEH TIMUR MEMBERSIHKAN JARINGAN IRIGASI DALAM KABUPATEN ACEH TIMUR,

Senin, 26 Februari 2018
PEMBERIHAN: Alat berat milik Pemkab Aceh Timur, melakukan pembersihan saluran irigasi disalah satu desa dalam Kecamatan Peureulak Barat, Kabupaten Aceh Timur, akhir pekan lalu.
IDI, RIAUPUBLIK.Com--  – Menyusul musim kemarau yang terjadi dibeberapa titik, Pemerintah dalam Kabupaten Aceh Timur, menurunkan alat berat untuk membersihkan sekitar 3.000 meter jaringan irigasi mulai dari Desa Tanjong Tualang hingga  Desa Paya Lipah,

Beberapa petani menyambut baik kebijakan pemerintah dalam membantu petani dikawasan itu, karena mereka selama ini kesulitan mendapat air. “Program pembersihan saluran irigasi ini akan membantu petani sawah, karena 3 kilometer akan mengalir 62 hektar area persawahan disejumlah desa dalam Kecamatan Peureulak Barat,” ujar Bustami atau Dek Gam, warga Alue Bu, Kec. Peureulak Barat, Senin 26 Februari 2018.

Desa-desa lain yang mendapat manfaat yang sama juga diantaranya Desa Kp. Beusa, Moen Geudong, Paya Lipah dan Paya Gajah. “Dengan adanya pembersihan jaringan irigasi ini maka para petani sekarang sudah tersenyum kembali, karena air sudah lancar ke sawah mereka,” tambah Dek Gam.

Menurutnya, saluran irigasi tersebut sudah lama tidak dibersihkan, sehingga semak-semak telah menutupi saluran.tersebut, Untuk membersihkannya membutuhkan waktu yang lumayan, lebih-lebih dibagian pangkal saluran benar-benar tersumbat dengan potongan cabang dan ranting ranting kayu serta sampah bekas banjir tahun lalu. “Sekarang air sudah lancar kembali ke sawah warga,” ujar Dek Gam.

Sementara itu, Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM.Thaib, mengatakan, pemberihan irigasi itu bertujuan untuk mengalir air ke area persawahan, karena petani disana dalam sebulan terakhir kesulitan air, sementara padi sedang berbuh.

“Sawah disana mulai kering, sehingga kita berinisiatif mengirimkan alat berat untuk melakukan pembersihan. Harapan kita hasil panen ini lebih menggembirakan dari tahun lalu,” ujar Bupati Rocky. (Rls/MD)








Related

Ekonomi 3937221796835681979

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item