Tingkatkan pemahaman SDM peternak.

Advantorial- 22 Mei 2017 - 18:23:24 WIB                                                      Dilihat: 723
Kegiatan Bulan Bhakti Perternakan Dan Kesehatan Hewan Di Kecematan Langgam
PELALAWAN, RIAUPUBLIK.Com-- Sejalan dengan Visi Pemerintah Kabupate Pelalawan serta sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, untuk itu Dinas Peternakan Kabupaten Pelalawan harus memiliki Visi yang jelas, dan terarah agar nantinya tercapai masyarakat Pelalawan yang sejahtera, berkeadilan, beretika dan berdaya saing. Serta dapat menggerakkan sasaran yang hendak di capai dalam pelaksanaannya di lapangan.

Oleh karena, visi tersebut merupakan suatu harapan dan semangat agar dapat mendorong masyarakat Kabupatem Pelalawan yang bekerja di bidang peternakan serta mampu bertahan dalam berbagai perubahan dan berupaya untuk merubah sistem usahanya yang bersifat tradisi, menuju kepada yang berwawasan industry maupun yang berjiwa bisnis lebih maju dengan memanfaatkan sumber daya lokal untuk membangun peternakan yang berdaya saing dan berkelanjutan menuju masyarakat yang sejahtera .

Harapan tersebut disampaikan Bupati Pelalawan HM.Harris pada saat meninjau pembangunan Tekno Politan di Desa Langgam, Sebab bagaimana nantinya bentuk pengelolahan tekno politan harus dapat mewujudkan Visi Kabupaten Pelalawan. Dan yang terpenting nantinya Misi ini dapat menggerakkan dan mewujudkan tujuan dan sasaran yang hendak di capai.

Lebih lanjut Bupati Pelalawan mengatakan salah satu bagian dari Misi Peternakan di Kabupaten Pelalawan adalah penekanan terhadap pencegahan dan penanggulangan penyakit ternak serta pembudi dayaan daging lokal di Kabupaten Pelalawan.

Keterangan Fhoto: Sistem Integrasi Ternak Sapi Dengan Tanaman Sawit (SITT)
Disnak Pelalawan Kembangkan Integrasi Sapi Dengan Sawit (Siska) Kabupaten Pelalawan yang memiliki hamparan kebun kelapa Sawit yang cukup luas dapat menunjang pengembangan peternakan sapi.

Dimana potensi hamparan kebun kelapa sawit dalam kegiatan terhadap pemeliharaan ternak sapi adalah penyedia sebagai sumber pakan hijau serta untuk memahfaatkan lahan/ruang kosong yang ada untuk produksi ternak. Dengan populasi sapi potong pada tahun 2013 mencapai 9010 ekor ternak serta 34 pabrik pengolahan kelapa sawit.

Hal ini sebenarnya dapat ditingkatkan lagi melalui optimalisasi kegiatan integrasi sapi 
kelapa sawit. Untuk mengoptimalkan hal tersebut tim peternakan dari BPPT RI bekerjasama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Pelalawan melakukan kegiatan kajian bersama yaitu kegiatan Sistem Integrasi Sapi dengan Sawit (siska) terutama dalam pemanfaatan hasil samping industry kelapa sawit sebagai pakan sapi.

Beberapa bentuk kegiatan yang dapat di laksanakan dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah pemanfaatan hasil samping industry kelapa sawit sebagai pakan dimulai dengan identifikasi potensial baik itu kualitas serta kontinyutas dalam penyediaannya.

Keterangan Fhoto: Temu Lapangan Usaha Ternak Unggas Kec Kuala Kampar
Guna meningkatkan pemahaman sumber daya manusia yakni para kelompok ternak yang ada di kabupaten Pelalawan dalam mengembangkan usahanya​ ternak perlu bimbingan teknis dan pelatihan pengolahan limbah ternak.

Bupati HM Haris mengatakan pelatihan ini diberikan untuk mengembangkan usaha peternak,sehingga dapat meningkatkan populasi ternak.

Dalam kesempatan ini pelatihan dan pengelohan limbah di berikan pada beberapa kelompok se-pelalawan yang di wakili masing-masing satu orang peternak agar masyarakat mengetahui bahwa selain ternak dapat di manfaatkan ternyata limbah atau kotoran ternak juga berguna hanya saja sistem pengelolaannya yg harus terarah karna apabila tidak di kelola dengan baik berpotensi pencemaran lingkungan bahkan komplikasi sosial.
Keterengan Fhoto: Kegiatan Integraasi Ternak Sapi Dengan Kelapa Sawit Di Kelompok Karya Lestari Kc. Kerumutan
Dengan demikian limbah ya g selama ini di buang dan dibicarakan berserakan, sebenarnya bisa dimanfaatkan. Dan memiliki nilai ekonomis bagi seorang peternak serta bisa di olah untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga seperti BIO GAS.

Pelatihan ini di harapkan dapat memberikan wawasan lebih kepada kelompok peternak agar dapat memanfaatkan limbah menjadi pakan ternak dan lebih memilih nilai ekonomi bagi peternak itu sendiri.

Sebelumnya sistem pengolahan limbah sawit menjadi pakan sapi yang di gagas oleh dinas peternakan mendapat apresiasi dari BPPT, karna selama ini limbah sawit juga tidak di mamfaatka, kedepan ,selain Berharap dapat meningkatkan perekonomian peternak yang ada di Pelalawan, H.m Haris juga berharap dapat meningkatkan jumlah populasi ternak, Salah satu ternak sapi

Ketrangan Fhoto: Kegiatan Temu Lapangan Antara Dinas Perkebunan Dan Perterrnakan Dengan Peternak Sapi Dalam Rangka Meningkatkan Usaha Dan Pendapatan Peternakan Di Kc Pangkalan Kuras
Hal ini di nilanya jumlah luasan lahan sawit tidak sebanding dengan jumlah populasi sapi yang ada saat ini sehingga perlu penambahan setiap tahunnya.setidaknya satu hektar sawit bisa memelihara dua ekor sapi yang mana jumlah sawit yang mencapai 300ribu ha sawit, sementara jumlah populasi sapi saat ini baru 15rinu ekor, harapan kita populasi sapi terus bisa bertambah.

Related

Pelelawan 7983113274557672149

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item