Pustaka Inovasi Menuju Minat Baca Menuju Era Digital " iPekanbaru"



Rabu, 17 Mei 2017 I 19:23:19Wib                                           Dilihat:417
PEKANBARU, RIAUPUBLIK.Com-- Sebagai bukti Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru berkomitmen dalam meningkatkan minat baca siswa adalah dengan diadakan MoU (Memorandum of Understanding) atau Perjanjian Kerjasama Saling Pengertian dengan berbagai sekolah baik negeri maupun swasta di Kota Pekanbaru. Sebelumnya telah ada MoU dengan berbagai perguruan tinggi dan dengan dinas terkait seperti kementrian agama dan dinas pendidikan dalam menyatukan visi untuk bersama-sama membangun minat baca masyarakat.

Beberapa Kepala Sekolah hadir ke ruang rapat lantai 1 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru dalam silaturahim dan penandatanganan MoU yang akan dilaksanakan. Sekolah tersebut adalah Sekolah Dasar Negeri 85, Sekolah Dasar Anugrah Plus, Sekolah Dasar 49, Sekolah Menengah Pertama Santa Maria, Sekolah Dasar Negeri 117, Sekolah Dasar Negeri 92, dan Sekolah Dasar Negeri 84 Pekanbaru. Penandatangan langsung bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru yakni Ibu Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si.

Dalam sambutan Ibu Ir. Hj. Nelfiyonna, M.Si menghimbau untuk turut aktif dalam membangun perpustakaan sekolah karena perpustakaan sekolah adalah bentuk pembelajaran dan pencarian referensi lain selain pembelajaran di kelas. Selain itu Kepala Sekolah disetiap sekolah-sekolah dapat membuat ide kreatif dalam meningkatkan budaya membaca di sekolah dengan kembali meningkatkan fasilitas, sarana dan prasarana serta koleksi buku perpustakaan sekolahnya. 

Penandatanganan dengan Kepala Sekolah
Pihaknya, dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru akan membantu mendukung setiap kegiatan perpustakaan yang diadakan di Sekolah. Seperti dapat meminta kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK Kota Pekanbaru) untuk mendatangkan Mobil Pustaka Keliling pada event yang di selenggarakan di Sekolah dan DPK Kota Pekanbaru juga melakukan pembinaan-pembinaan kepada sekolah yang telah melakukan MoU.

Semoga dengan adanya MoU ini, Kita berharap agar perpustakaan sekolah yang ada di Kota Pekanbaru semakin baik dan mampu menjadi sumber informasi bagi warga sekolah khususnya dan masyarakat luas umumnya.

Untuk sekolah yang ingin bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru dapat langsung datang ke kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru yang beralamat di Jl. Dr. Sutomo No. 1 Pekanbaru.

“Dr. H. Firdaus MT dalam melaksanakan misinya untuk mewujudkan Kota Pekanbaru sebagai Kota metropolitan yang madani akan me-launching iPekanbaru pada Kamis, 23 juni 2016 bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Pekanbaru yang ke-232. Acara launching iPekanbaru ini rencananya akan di laksanakan di halaman Kantor Walikota Pekanbaru pada pukul 08.00-10.00 pagi dengan mengundang pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru, LSM dan masyarakat Kota Pekanbaru.

Dalam acara ini juga akan dilaksanakan hibah buku terhadap perpustakaan umum Kota Pekanbaru guna menambah koleksi buku fisik di perpustakaan tersebut. Walikota Pekanbaru juga menyebutkan bahwa iPekan hadir sebagai sumber penyedia bahan bacaan, menyenangkan, dan mudah diakses tanpa dibatasi ruang dan waktu untuk masyarakat Kota Pekanbaru. Melalui iPekanbaru, Masyarakat Kota Pekanbaru diharapkan dapat berinteraksi dengan sesama masyarakat dengan menggunakan fitur-fitur media sosial yang terdapat di dalam aplikasi tersebut.

Dr. H. Firdaus MT dalam melaksanakan misinya untuk mewujudkan Kota Pekanbaru sebagai Kota metropolitan yang madani akan me-launching iPekanbaru pada bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Pekanbaru yang ke-232. Acara launching iPekanbaru ini rencananya akan di laksanakan di halaman Kantor Walikota Pekanbaru pada pukul 08.00-10.00 pagi dengan mengundang pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru, LSM dan masyarakat Kota Pekanbaru.

Dalam acara ini juga akan dilaksanakan hibah buku terhadap perpustakaan umum Kota Pekanbaru guna menambah koleksi buku fisik di perpustakaan tersebut. Walikota Pekanbaru juga menyebutkan bahwa iPekan hadir sebagai sumber penyedia bahan bacaan, menyenangkan, dan mudah diakses tanpa dibatasi ruang dan waktu untuk masyarakat Kota Pekanbaru. Melalui iPekanbaru, Masyarakat Kota Pekanbaru diharapkan dapat berinteraksi dengan sesama masyarakat dengan menggunakan fitur-fitur media sosial yang terdapat di dalam aplikasi tersebut.

Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru dalam waktu dekat akan memperkenalkan aplikasi perpustakaan digital yang berbasis sosial media yang diberi nama iPekanbaru.  iPekanbaru adalah Aplikasi Perpustakaan digital (ePustaka) yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca eBook dan fitur sosial media. Aplikasi ini diwujudkan dengan kerjasama Badan Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Kota Pekanbaru (BPA Kota Pekanbaru) dengan PT. Woolu Akasara Maya (Aksaramaya) sebagai pengembang aplikasi.

Dalam iPekanbaru itu nantinya ada fitur ePustaka. ePustaka akan berisi kumpulan perpustakaan digital yang juga memiliki ribuan koleksi eBook yang bisa dipinjam dan dibaca secara online dan offline melalui berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, dan desktop/laptop. Nantinya untuk perpustakaan digital milik Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru akan menampilkan 4000 koleksi eBook yang merupakan bantuan dan hibah dari PT. Indosat.

iPekanbaru dapat digunakan untuk berbagai perangkat. Agar aplikasi dapat berjalan dengan baik pada smartphone berbasis android, ios dan dekstop atau laptop berikut standar spesifikasi untuk setiap perangkat.
Spesifikasi Minimal untuk Android :
-4.0 and up
-1 GB of RAM
-4-inch display size
Spesifikasi Minimal untuk iPhone/iPod :
-Required iOS 7.0 or Later
-Optimized for iPhone 5
-Compatible for iPhone and iPod Touch
Untuk PC/laptop minimum OS windows 7 dan ram 1GB.

Aplikasi iPekanbaru memerlukan koneksi internet untuk mengunduh di Play Store dan Appstore untuk iOS serta juga bisa mengunduh melalui Website   untuk format hybrid yang diakses menggunakan PC/laptop. Aplikasi juga dapat berjalan secara offline jika sudah login dan mendapatkan ebook yang diinginkan. Artinya eBook juga dapat dibaca saat offline.
Sebelum login ke iPekanbaru, pengguna harus memiliki akun iPekanbaru terlebih dahulu. Jika tidak ingin ribet mengisi form pendaftaran yang disediakan. Pada aplikasi ini juga terdapat fitur facebook dan google autentifikasi. Artinya dapat login dengan menggunakan akun facebook atau google yang dimiliki.

Jika melakukan pendaftaran melalui form daftar caranya adalah dengan mengisi data yang diperlukan sesuai dengan form yang tampil.
Username  : Nama lengkap pengguna
Email         : Alamat email, berfungsi sebagai username untuk Login
Password   : Kata kunci untuk masuk ke dalam aplikasi
Confirm Password : mengulangi kata kunci.

Dan terakhir tekan tombol Sign up : Untuk mengirimkan data registrasi
Untuk memulai menggunakan iPekanbaru anda terlebih dahulu masuk melaui menu login. Caranya dengan memasukkan email dan password yang diisi pada form registrasi pada tahap sebelumnya dan klik tombol Sign In. Jika berhasil anda akan masuk ke halaman dashboard, jika tidak akan ada notifikasi gagal login. Perhatikan dengan benar data yang dimasukkan.

Manfaat dari iPekanbaru ini sangat banyak sekali. Selain dapat membaca buku, penggunakan iPekanbaru dapat saling berteman, berinteraksi serta merekomendasikan buku yang menarik. Pengguna bisa membaca berbagai buku dalam satu aplikasi dengan mudah, praktis dan cepat, kapan saja dan di mana saja. Melalui iPekanbaru, pengguna/pembaca juga dapat berinteraksi langsung dengan penulis melalui fitur sosial media yang disediakan.(Adv-Pustaka/Diskominfo)


Related

Pekanbaru 1416788529149290735

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item