Kepala Bakamla RI Saksikan Penenggelaman 81 Kapal Nakal

Senin, 03/04/2017
AMBON, RIAUPUBLIK.Com-- Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. menyaksikan penenggelaman kapal yang dipimpin langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti selaku Komandan Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan secara Ilegal (Satgas 115), beberapa hari lalu.

Kepala Bakamla RI hadir sebagai Wakil Komandan Satgas 115 dalam kegiatan seremonial penenggelaman kapal yang ditangkap dan kedapatan melakukan pelanggaran di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

Total jumlah kapal yang ditenggelamkan pada 1 April 2017 lalu sebanyak 81 buah kapal, terdiri dari 75 buah kapal asing dan 6 buah kapal Indonesia. Rincian kapal asing yang ditangkap adalah 46 buah kapal dari Vietnam, 18 buah kapal dari Filipina dan 11 buah kapal dari Malaysia. Dalam melakukan operasinya, Tim Satgas 115 mengerahkan unsur-unsur dari TNI AL, Bakamla RI, Polair Baharkam Polri dan PSDKP KKP.

Kegiatan penenggelaman kapal ini secara serentak dilakukan di 12 lokasi di seluruh Indonesia, dengan tombol kendali penenggelaman ditekan oleh Komandan Satgas 115 di Ambon, Maluku. Di Ambon sendiri terjadi peledakan sebanyak 2 buah kapal.

Alasan komando berpusat di Ambon adalah masih maraknya praktik penangkapan ikan secara ilegal di wilayah Indonesia bagian timur. Hal ini untuk menegaskan bahwa wilayah Perairan Arafutu tidak luput dari perhatian Tim Satgas 115. Selain itu, diharapkan pemilihan titik komando ini dapat memberikan semangat kepada aparat penegak hukum lainnya yang bertugas di wilayah timur agar dapat terus bekerja sebaik mungkin.

Lokasi peledakan kapal antara lain: Pos PSDKP IDI Aceh sebanyak 3 kapal, Stasiun PSDKP Belawan  7 kapal, Satker PSDKP Tarempa 10  kapal, Satker PSDKP Natuna/Lanal Ranai 29 kapal, Satker PSDKP Tarakan/Polair  6  kapal, Polair Polda Bali 1  kapal, Pangkalan PSDKP Bitung  9 kapal, Lanal Ternate 4 kapal, Satker PSDKP Merauke 1 kapal, Lantamal XIV Sorong 1  kapal, Satker PSDKP Pontianak 8 kapal, dan Lantamal IX Ambon sebanyak 2 kapal.

Selain itu, unsur dari Bakamla RI turut serta dalam kegiatan pengamanan penenggelaman kapal tangkapan illegal fishing. KN. Kuda Laut 4803 melakukan kegiatan pengamanan berupa penyekatan dan penghalauan terhadap kapal-kapal yang berlayar mendekati area penembakan atau penenggelaman di Perairan Morela, Ambon.

Kepala kantor Kamla Zona Maritim Timur Vetty Viona Salakay, S.H., M.Si. turut hadir pula menyaksikan kegiatan ini.


Editor: ROl86



Related

TNI/Polri 3526368053610713134

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item