Pemerintah Kumpulkan Data untuk Memproses Hukum Caledonian Sky

Senin, 20 Maret 2017
JAKARTA, RIAUPUBLIK.Com-- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan, saat ini pemerintah sedang menyiapkan bahan lengkap untuk proses justifikasi kapal pesiar asal Inggris, MV Caledonian Sky, yang merusak karang di perairan Raja Ampat, Papua Barat. Siti mengatakan pemerintah harus waspada jika pihak MV Caledonian Sky menyerahkan persoalan ganti rugi karang tersebut kepada pihak asuransi.

Siti mengatakan, saat ini tim gabungan masih mengumpulkan data yang lengkap dan akurat terkait kerusakan karang di perairan Raja Ampat tersebut.

"Mereka di lapangan sampai hari Jumat (17/3), Sabtu (18/3) kalau nggak salah. Saya belum dapat lagi laporan tertulisnya. Nanti saya panggil lagi dirjennya. Tapi menurut informasi, semua data, catatan-catatan, itu dikoordinasikan di kantor Menko Maritim. Jadi harus ada koordinasinya. Karena memang kan agak berbahaya kalau dia datanya simpang-siur," kata Siti saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Dikatakan Siti, saat ini tim sedang menyiapkan bahan untuk justifikasi kasus tersebut. Pengumpulan data ini juga didasari Undang-undang terkait.

"Yang pasti sih, Kementerian LHK sedang menyiapkan dokumen-dokumen justifikasi, argumentasi dalam kaitan dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup, lalu Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Keanekaragaman Hayati dengan UNCLOS kita. Karena itu terjadi di wilayah kedaulatan NKRI. Memang beberapa hal berkembang, bagaimana kalau pakai UNCLOS saja, artinya kerja sama dan lain-lain nanti dilihat," jelas Siti.

Terkait dengan kabar bahwa proses ganti rugi kerusakan karang tersebut akan ditangani oleh pihak asuransi, Siti mengatakan hal ini harus diantisipasi. Pasalnya, Siti menilai pihak asuransi juga akan menyiapkan berbagai dalih agar ganti rugi tersebut nilainya ditekan seminim mungkin.

"Berkembang juga katanya kapten kapal mengatakan akan diselesaikan dengan asuransi. Ya, kita waspada. Biasanya kalau asuransi itu selalu pandai mencari argumentasi supaya bayarnya kecil," kata Siti.

"Jadi saya bilang, kumpulin data sebaik-baiknya, rapikan administrasinya. Sebab, ada kejadian tahu-tahu nggak ada, pernyataan resmi adminstratifnya, kata orang hukum, 'Mana? Kejadiannya kan nggak ada.' Nah, hal-hal seperti itu saya minta diperhatikan dan disiapkan dengan baik," tambahnya.


Sbr:Detik.com

Related

Ekonomi 4644673486947406395

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item