Musim Panas, Bupati Rohil Imbau Warga Tak Bakar Lahan

BAGANSIAPIAPI, RIAUPUBLIK. Com-- Untuk mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) dinegeri seribu kubah, pemerintah Kabupaten Rohil mengimbau semua pihak terutama masyarakat yang kesehariannya sebagai petani dan pekebun untuk senantiasa menjaga lahannya agar tidak terbakar oleh api. Sebab, Saat ini negeri ini masih dilanda musim panas yang tentunya sangat rentan dengan terjadinya kebakaran.

"Kita mengimbau sekali lagi kepada para petani maupun pekebun untuk selalu menjaga lahan pertaniannya dari bahaya api. Misalnya, jauhi rerumputan kering itu dari api puntung rokok dan jangan mencoba-coba membersihkan lahan dengan cara membakar. Karena apabila hal ini sampai dilakukan maka dampaknya akan sangat fatal bagi kita semua. Karena dampak dari membakar lahan itu selain merugikan petani itu sendiri juga merugikan banyak orang dan merusak lingkungan," Pesan Bupati Rohil, H Suyatno Amp baru-baru ini, di Bagansiapiapi.

Disebutkan, dirinya bersama pihak terkait lainnya telah terus menerus menghimbau dan mengingatkan para petani untuk tidak membersihkan dan membuka lahan dengan cara membakar. Karena untuk melakukan pemadamannya membuat semua pihak seperti TNI/Polri dan instansi terkaitnya menjadi repot. 

Bahkan, Ancaman dari memadamkan titik-titik api itu bisa membahayakan keselamatan para petugas dilapangan.

"Kita lihat cuaca saat ini cukup panas, hal ini tentunya membuat tanah menjadi kekeringan yang tentunya sangat rentan terjadi kebakaran jika disentuh oleh api. Untuk itu para petani kita minta untuk senantiasa menjaga lahannya dengan sebaik mungkin," Pesan Suyatno.

Ditambahkan, Jika kebun itu ditinggalkan pemiliknya harus memastikan tidak ada bekas bara api memasak selama berada dikebun.

"Jangan bekas api itu dianggap enteng dan ditinggalkan begitu saja, karena jika ada angin kencang maka bara api itu akan terbang dan membuat rerumputan kering menjadi terbakar," Ingatnya.

Penulis :jumaris.

Related

Rohil 8627161370160062787

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item