Jamaah Haji Rohil Dijadwalkan Tiba 28 September

RIAUPUBLIK.COM, ROKANHILIR-- Jamaah haji asal Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau yang tergabung dalam kelompok terbang 10 dengan Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru dijadwalkan tiba di daerahnya pada Rabu (28/9).

"Jamaah haji tiba di Batam, Kepulauan Riau pada 27 September, kemudian besoknya langsung ke Rohil melalui Dumai," kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Rohil, Hasbullah di Bagansiapiapi, Senin.

Kementerian Agama Rohil, kata dia akan terus memantau kesehatan para jamaah haji hingga tiba di kampung halaman.

"Semua jamaah haji Rohil saat ini dalam keadaan sehat," katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Rohil, M Junaidi Saleh mengatakan, sebagaimana keberangkatan jamaah haji dan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan, pada saat kepulangan pun para haji tersebut akan diperiksa dan dipantau kesehatannya.

"Pemeriksaan kesehatan dan pemantauan tetap dilakukan setelah haji kembali ke daerah nantinya dengan melibatkan puskesmas terdekat dimana haji tersebut tinggal," kata Junaidi.

Ia mengatakan, setibanya di Embarkasi Batam nantinya akan dilakukan pemeriksaan oleh tim medis yang sudah dibentuk pihak penyelenggara secara nasional guna mengantisipasi adanya jamaah yang terpapar penyakit atau membawa virus.

Menurut dia, jamaah haji rentan dengan tertular virus demam kuning Mers C, begitu juga perlu diwaspadai dengan merebaknya kasus yang tengah mendapat sorotan internasional yakni virus Zika.

"Biasanya pemeriksaan di Embarkasi itu langsung terpantau apakah jamaah haji yang pulang sakit atau terkena virus. Kalau ada langsung ditangani dan dibawa berobat ke rumah sakit. Sementara yang sehat langsung diperbolehkan kembali ke daerahnya," tuturnya.

Ia menambahkan, bagi jamaah yang dinyatakan lulus dari pemeriksaan kesehatan di Embarkasi Batam tersebut nantinya akan menjadi tanggungjawab dari Dinas Kesehatan daerah untuk terus mengawasi dan memberikan pelayanan kesehatan selama jangka waktu tertentu. (Adv)

Oleh : jumaris.

Related

Rohil 192066906891665360

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item