Pukat Harimau Nelayan Sumut Tangkap Ikan Di Rohil, Nelayan Tradisional Rohil Terancam Mata Pencairan

RIAUPUBLIK.COM, BAGANSIAPIAPI - Maraknya aksi pencurian ikan (ilegal fishing) di perairan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dilakukan oleh nelayan dari Propinsi Sumatra Utara (Sumut). Hal ini tentunya membuat para nelayan tradisional Rohil mengeluh karena hasil tangkapannya berkurang.

Agar para nelayan bisa sejahtera dan aman dalam melaut, kedua propinsi harus saling melakukan koordinasi yang baik.

"Kita telah melakukan sosialisasi bersama pihak terkait, dimana dalam sosialisasi itu para nelayan kita menyebutkan pelaku pencurian ikan kebanyakan berasal dari Propinsi Sumut. Bahkan, nelayan dari sumut itu juga menggunakan alat tangkap berupa Pukat Harimau," kata Pelaksana tugas (Plt) Drs H Surya Arfan Msi, Kamis (22/9/2016) di Bagansiapiapi.

Disebutkan, nelayan tradisional Rohil juga mengeluhkan karena nelayan dari Sumut itu mencuri ikan juga membuat hasil perairan kita terancam punah dikarenakan memakai alat tangkap yang telah dilarang oleh pemerintah berupa Pukat Harimau. Dimana alat itu telah dilarang sebagaimana yang tertuang dalam Permen KKP nomor 2 tahun 2015 tentang larangan penggunaan alat penangkap ikan seperti pukat hela (Traw) dan Pukat Tarik (Seinen Nets).

"Jadi intinya kedua belah pihak harus saling melakukan koordinasi. Jangan sampai nelayan kita masuk ke perairan Sumut dan begitu pula sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk mengantisifasi terjadinya kericuan antar nelayan," pesannya.

Dilajutkan Kepala BKP Rohil itu, kendala lain yang sering muncul adalah sulitnya nelayan memperoleh bahan bakar minyak (BBM) dan terpaksa harus membeli ke SPBU. "Nah, inilah tugas kita untuk mencarikan solusinya bagaimana BBM bisa didrop dalam wadah semacam koperasi agar nelayan bisa langsung kekoperasi itu nantinya, "tutur Surya Arfan.


Penulis : jumaris.

Related

Rohil 5215188584714756994

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item