Pemkab Rohil Berkomitmen Sukseskan Swasembada Pangan Nasional 2017

          Minggu, 22 September 2016 | 03:44:51 WIB                              Dilihat:234
ROKANHILIR, RIAUPUBLIK.Com-- Pemerintah Kabupaten RokanHilir menyambut baik program Swasembada Pangan Nasional tahun 2017 yang digagas oleh Presiden Joko Widodo. Menindaklanjuti program tersebut Pemkab Rohil langsung menggelar rapat dalam rangka mendukung program swasembada pangan di Rokan Hilir.

Bupati Rokan Hilir, H Suyatno mengatakan, rapat yang digelar ini merupakan tindak lanjut dari pemerintah pusat dan pvopinsi Riau guna membahas peningkatan swasembada pangan di Rokan Hilir. Dalam rapat ini juga digelar master of understanding (MOU) Pemkab Rohil bersama TNI untuk membantu mensukseskan program swasembada pangan nasional.

Program ini dilakukan mengingat alih fungsi lahan di Rokan Hilir semakin meningkat, maka dari itu dengan adanya program ini diharapkan produktivitas swasembada pangan seperti padi, jagung dan kedele (pajale) terus meningkat.

Dandim 0303 Bengkalis, Letkol Arh Wahyu Dwi Ariyanto mengatakan pada dasarnya pihaknya membantu dalam meningkatkan swasembada pangan di Rokan Hilir. Bahkan pihaknya juga terus memberikan motivasi kepada para petani untuk tetap bertahan di lahan pertanian pangan. Pihaknya juga berharap dengan adanya program tersebut diharapkan bisa meningkatkan kembali produktivitas swasembada pangan di negeri seribu kubah.
Pemerintah daerah dibantu TNI dan petani bertekad Rohil 2017 siap menuju swasembadaya pangan di Provinsi Riau.
"Kejayaan itu kita buka lagi, tidak bisa sepenuhnya menjadi daerah penghasil padi maka separuhnyapun sudah baik. Kita sendiri sudah komit, sebagaimana yang diintruksikan Bapak Presiden RI Joko Widodo, bahwa Indonesia harus menjadi daerah swasembada pangan," sebut bupati Suyatno.
Bupati, menyampaikan bahwa dahulu ketika masih bergabung dengan Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hilir merupakan lumbung padi terbesar di Propinsi Riau. Namun, kini produksi padi menurun lantara banyaknya alih fungsi lahan.
Untuk mengembalikan kejayaan masa lalu dalam program peningkatan ketahanan pangan Nasional, jelas bupati, pemerintah daerah bergandeng tangan bersama TNI-AD, kelompok tani, guna mengatasi persoalan ini nantinya.
Hasilnya dapat dirasakan dalam tiga tahun kedepan, sektor pertanian di Kabupaten Rohil dapat meningkat pesat, dan berkembang sebagai salah satu daerah penghasil lumbung padi terbesar di Propinsi Riau.
"Untuk Riau, Kabupaten Rohil masih yang terbaik kedelainya. Dan, daerah Darusalam daerahnya sangat potensi untuk tanaman kedelai dan jagung, saya berharap bisa tetap dipertahankan. Targetnya, Indonesia harus menjadi daerah swasembada pangan 2017," paparnya.

Terpenting, menurut Bupati, kabupaten Rohil harus menjadi yang terbaik dalam bidang pertanian dan palawija. jika Indonesia tidak dapat melaksanakan program swasembada pangan, dipastikan dapat terjadi krisis pangan kedepanya. Karena, lanjutnya, sekarang ini sudah terjadi perang energi pangan dan air.

Di Rimbo Melintang musim tanam bisa 3 kali setahun artinya Indeks Pertanaman 300. Kemudian, di Rimbo Melintang memiliki pompanisasi untuk mengatur irigasi air. Kabupaten Rohil sendiri memiliki areal 141 hektar yang masih berstatus Quo, dan terkendala tidak bisa diolah menjadi tambahan areal pertanian.

Related

Rohil 1582383306311479556

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item