Surat Tembusan DPP Golkar, Septina Di Tunjuk Ketua DPRD Riau

RIAUPUBLIK.COM, PEKANBARU-- Jalan Septina Primawati Rusli untuk memegang tampuk pimpinan DPRD Riau kian mulus. Kemarin utusan dari DPP Partai Golkar mengantar langsung surat keputusan penunjukan istri Rusli Zainal itu ke DPRD Riau.

Septina akan menjadi pengganti antar waktu (PAW) Ketua DPRD Riau, yang sebelumnya dijabat Suparman. Jabatan itu ditanggalkan Suparman karena maju sebagai calon bupati di Pilkada Rokan Hulu.

“Kita memang dapat surat dari DPP Golkar, tapi surat itu surat tembusan. Tadi diantar oleh Kadri dari sekretariat DPP Golkar,” ujar Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo kepada pers, Selasa (17/11/2015).

Sunaryo mengatakan, pihaknya masih menunggu DPD I Golkar Riau mengirim SK DPP Golkar tentang penunjukan Septina tersebut ke DPRD Riau. “Kalau cuma surat tembusan tentu kita tidak bisa memprosesnya. Kita akan tetap akan menunggu surat dari DPD Golkar Riau dulu. Setelah masuk baru kita bisa proses (penunjukan Septina),” ulasnya.

Ia mengungkapkan, surat tembusan tersebut memang berasal dari DPP Partai Golkar yang ditandatangani oleh Ketua Umum DPP Golkar Aburizal Bakrie dan Sekjen Idrus Marham.

Sunaryo berharap proses PAW ketua dewan dilakukan secepatnya agar unsur pimpinan DPRD Riau, yang saat ini hanya terdiri dari tiga wakil ketua, menjadi lengkap. "Akan lebih bersinergis dengan kelengkapan pimpinan. Siapapun orangnya kami terima karena itu adalah keputusan sepenuhnya hak Partai Golkar," ucapnya.

Wakil Ketua DPRD Riau lainnya, Manahara Manurung mengemukakan, dengan adanya surat dari DPP Golkar ini sekaligus menepis keraguan atas beredarnya gambar penggandaan SK penunjukan Septina. "Suratnya baru saja masuk hari ini dan sudah kita terima," ucapnya.

Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldi Jusman mengatakan, mengenai sosok perempuan yang akan memimpin DPRD Riau ke depan, menurutnya hal itu tidak ada larangan.

“Kita tidak permasalahkan soal gender dalam kemampuan memimpin. Karena tugas di dewan bersifat kolektif kolegial. DPP Golkar yang menunjuk Septina tentunya sudah punya pertimbangan khusus dan percaya kalau Septina punya kemampuan menjadi pimpinan DPRD Riau ke depan,” paparnya.

Septina sendiri baru di periode ini menjadi wakil rakyat di DPRD Riau . Tapi itu tak dipersoalkan Noviwaldi. “Partai mungkin tidak hanya melihat pegalamannya selama menjadi anggota dewan, tapi juga pengalaman dan keaktifan Septina di luar dewan,” ulasnya.

Tokoh masyarakat Riau, Syarwan Hamid menilai, dirinya melihat Septina akan cukup mampu menjadi pemimpin di DPRD Riau. Sejauh ini, ia melihat merupakan sosok Septina sebagai orang yang santun dan tidak ada masalah.

“Saya melihat Septina lebih mumpuni. Tidak pernah ada katanya yang keceplosan. Orangnya santun,” kata Syarwan.

Diakui Syarwan, memang cukup banyak pro kontra mengenai keputusan DPP Golkar memilih Septina untuk diusung sebagai Ketua DPRD Riau. Padahal, Septina tidak masuk dalam daftar tiga nama yang direkomendasikan DPD I Golkar ke pengurus pusat partainya di Jakarta.

“Memang banyak yang bertanya, dulu hubungan saya tak begitu bagus dengan Rusli Zainal (mantan Gubernur Riau dua periode), tapi istrinya kok didukung. Ya itu saya memang menilai Bu Septina bagus orangnya,” ucap mantan Menteri Dalam Negeri tersebut.

Related

Politik 3143256683979777294

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item