Penghulu Terpilih Berjanji Kembangkan Pulau Jemur

RIAUPUBLIK.COM, BAGANSIAPIAPI - Datuk penghulu terpilih berjanji akan melaksanakan berbagai program untuk mengembangkan pulau jemur. Salah satunya dengan mendeportasi sebanyak 25 kepala keluarga (KK) yang berada di 3 dusun kedusun daeng kutit. Dimana di dusun daeng kutit itu telah dibangun rumah layak huni (RLH) sebanyak 20 unit oleh pemkab Rohil.

Demikian dikatakan Penghulu terpilih, M Jamil Sag, Kamis (11/8/2016) di Bagansiapiapi. Ia menjelaskan, Pulau jemur yang terletak di perbatasan Porklang Malaysia memiliki 9 pulau dengan luas 250 hakter. Pulau jemur memiliki sebanyak 4 dusun yakni dusun daeng kutit, Dusun Bahagia, Dusun Sejahtera, dan dusun sentosa. Dari empat dusun ini satu diantaranya terletak dikepulauan dan tiga terletak didaratan.

Dilanjutkan Jamil, jumlah KK yang ada di kepenghuluan pulau jemur ini sebanyak 289 KK. "Untuk Dusun Daeng Kutit di pulau Jemur sendiri saat ini belum ada penduduk. Nah, program kita kedepan setelah nantinya di lantik akan mendeportasi sebanyak 25 KK ke pulau ini khusus untuk masyarakat usia menikah muda," ujarnya.

Ia mengatakan dalam waktu dekat sebanyak 25 KK itu akan di deportasi ke pulau Jemur. Mengenai nama-nama nya sudah ada dan mereka menyatakan bersedia untuk pindah kepulau jemur. 
"Selain itu, setiap 2 KK yang mau menetap dipulau jemur akan diberikan 1 Unit Kapal Pompong untuk digunakan sebagai kebutuhan beraktifitas sebagai nelayan," jelas Jamil.

Ketika ditanya bagaimana nasib mereka yang menetap di pulau Jemur mengingat di pulau ini tidak memiliki pusat perbelanjaan seperti warung, Jamil mengatakan dengan adanya kapal itu mereka bisa berbelanja di Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas. Tak hanya itu, bahkan dirinya mengaku akan memberikan subsidi bagi semua KK yang menetap di sana.

"Kita akan berikan mereka subsidi tiap bulanya sebesar Rp500 ribu sampai mereka sejahtera. Setelah mereka ini sejahtera subsidi ini akan kita tarik kembali," kata Jamil. 

Penulis  : jumaris.

Related

Rohil 2068653336733670410

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item