Pemkab Rohil Minta BPBD Riau Bikin Hujan Buatan

RIAUPUBLIK.COM, BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) berharap Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Propinsi Riau segera melakukan hujan buatan di wilayah Rohil. Hal ini mengingat beberapa kecamatan di Rohil masih diselimuti kabut asap dan masih ditemukannya titik api yang membuat aktifitas warga sudah mulai terganggu.

"Kita minta bantuan agar BPBD Riau menabur garam di awan agar hujan turun. Kita sendiri telah melakukan berbagai upaya namun api juga tidak padam, "kata Kepala BPBD Rohil, H Azhar Achmad Ali SE Msi, Senin (29/8/2016) di Bagansiapiapi. Di samping itu, pihaknya juga meminta agar dilakukan water boombing di kecamatan yang masih dilanda kebakaran lahan dan hutan (karlahut).

Mantan Asisten III Bidang Kesra Setdakb Rohil ini juga menerangkan, hingga saat ini daerah yang masih ditemukan titik api diantaranya Kecamatan Pujud, Kecamatan Tanjung Medan dan Kecamatan Tanah Putih. Sementara untuk kecamatan Bangko api sudah padam dikarenakan dalam beberapa hari terakhir diguyur hujan.

Ia juga mengklaim kalau pihaknya sudah menurunkan tenaga yang maksimal dan dibantu dengan pihak terkait seperti Dishut, TNI/Polri untuk melakukan pemadaman api sejak pertengahan bulan Agustus 2016. "Memang ada kemajuan karena api berhasil diisolasi dan tidak sampai merambat ke lahan lainnya. Namun demikian ia juga berharap masyarakat Rohil bisa melakukan Salat Istisqa sehingga hujan bisa turun di wilayah Rohil, "harap Azhar.

Azhar juga mengingatkan agar petugas yang berjibaku untuk memikirkan keselamatan saat memadamkan titik api. Jangan sampai memaksakan diri saat asap tebal dan api tengah menyala dengan berada terlalu dekat.

Penulis : jumaris.

Related

Rohil 7732441129414981389

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item