Menuju Riau Go IT



Adv, 23/ 08/2016 - 20:34:12Wib
Gubri H Arsyadjuliandi Rachman Menekan Tombol Lounching Riau Go. IT pada Upacara Peringatan Hut Provinsi Riau ke 59
Tahun 2016 di halaman Kantor Gubernur.
RIAUPUBLIK.COM, PEKANBARU-- Dalam perayaan Ulang Tahun Provinsi Riau ke-59 tahun ini, Pemerintah Provinsi Riau mengangkat Tema “Kita Tingkatkan Kinerja Pemda Terhadap Pelayanan Publik Melalui Penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Teknologi”.
Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman memang mengidamkan Provinsi Riau menjadi Provinsi Cerdas yang mengedepankan Layanan berbasis Informasi Teknologi (IT), agar sejumlah pelaksanaan dan pengelolaan kebijakan serta anggaran Provinsi dapat di akses oleh masyarakat, salah satunya milik situs resmi Pemerintah Provinsi Riau, yaitu riau.go.id.

“Salah satu contohnya, ketika masyarakat ingin meminta perbaikan jalan, mengapa jalan ini rusak, saluran air, maupun fasilitas umum lainnya, atau bisa juga melihat apa-apa saja yang sudah dikerjakan oleh Pemprov saat ini,” kata gubri.
Dirinya juga menambahkan, bahwa melalui Riau Go IT ini, nantinya dapat bermanfaat baik bagi pemerintah provinsi Riau maupun untuk masyarakat yang mana selama ini akses pertanggung jawaban kinerja pemerintah itu terbatas.
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman berkeinginan serius dalam menerapkan pemerintahan berbasis teknologi ini. Dimulai soft opening pada tahun 2015 silam, ditahun 2016 ini langsung dirilis untuk penerapannya di Pemerintah Provinsi Riau.

Gubri mengatakan, dengan teknologi canggih bisa menjawab pertanyaan publik secara langsung misalnya kenapa jalan rusak, air keruh dan info lainnya. Dengan teknologi ini bisa mengakses internet, bisa menggunakan handphone yang ada dalam genggaman.

"Kita ingin informasi teknologi yang ada saat ini untuk ditingkatkan lagi sehingga bisa memberikan manfaat kepada jalannya roda pemerintahan maupun untuk kepentingan publik atau masyarakat," kata Andi Rachman, panggilan Gubri, Senin (8/8/2016).
Gubri H Arsyadjuliandi Rachman hadiri Sidang Paripurna Istimewa DPRD Dalam Rangka Hari Jadi Provinsi Riau Yang ke 59 Tahun 2016
Harapan Gubri dengan dicanangkannnya program Go IT menuju Riau menjadi smart province, semua aplikasi yang berada di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) bisa terintegrasi dengan 'leading sector' nya berada di Dinas Kominfo paling lambat November 2016.

Penerapan sistem pemerintahan berbasis teknologi ini, menurut Gubri, mempermudah penyebarluasan informasi tentang Riau secara global. Baik itu antar internal pemerintah daerah maupun informasi mengenai pelayanan masyarakat.

"Untuk masyarakat 'tage line' yang dipakai, membumikan IT di Riau baik untuk kepentingan pemerintahan maupun masyarakat," ujar Andi Rachman.

Adapun tujuan utama dalam penerapan sistem pemerintahan berbasis teknologi ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Gubri H Arsyadjuliandi Rachman hadiri Sidang Paripurna Istimewa DPRD Dalam Rangka Hari Jadi Provinsi Riau Yang ke 59 Tahun 2016
 
"Masyarakat tidak perlu meluangkan waktu lagi untuk mencari informasi tentang Dinas dan Badan, serta informasi di pemerintahan. Semua sudah bisa dipantau melalui online," ujar Gubri.

Bahkan sampai pelayanan pengurusan izin sekalipun nantinya, masyarakat tidak perlu lagi datang instansi terkait. Dengan demikian efisiensi waktu dan anggaran bisa diraih dengan sistem layanan berbasis teknologi tersebut.

Kedepan menurut Gubri semua aktifitas di satuan kerja bisa dipantau masyatakat melalui online, terutama dalam serapan dan pengajuan kegiatan serta proses kegiatan di Pemerintah Provinsi Riau. "Semuanya dengan keterbukaan, tidak ada yang disembunyikan, rakyat bisa pantau langsung dan masukkan saran dan kritik," jelas Andi Rahman.

Mengenai kesiapan sumber daya manusia (SDM), Gubri menyatakan Riau sudah memiliki tenaga yang handal sudah disebar diseluruh satuan kerja di lingkungan Pemprov Riau. Demikian juga halnya dengan dukungan sarana dan pra sarana teknologi. 

Pemprov Riau akan didukung oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam bantuan jaringan. Saat ini BRI telah memiliki satelit dan siap menyediakan layanan jaringan di seluruh cabang dan unit BRI hingga pedesaan.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Riau, Rahmad Rahim mengatakan kepada media sigapnews.co.id bahwa sejak peluncuran GO.IT bulan agustus 2016, tentunya gubernur Riau mempunyai cita cita  yang akan didukung seluruh SKPD. Go.IT rohnya sebenarnya efesiensi segala bentuk perencanaan pembangunan itu sendiri.

" Kami Dishub salah satu SKPD dibawah Pemprov Riau, sudah mendukung program yang telah dicanangkan gubernur," ucap Rahmad Rahim.

Dishub Provinsi Riau sendiri sudah memulai dengan yang namanya e-office dimana segala bentuk surat masuk dan juga bentuk surat disposisi dan sudah online ke masing-masing gadget agar dapat terpantau dengan mudah dan cepat, jadi tidak lagi menggunakan kertas.

Dishub Riau kedepannya akan membuat e-dishub. Dimana e-dishub ini segala operasional yang menjadi tugas pokok seperti memantau pelabuhan-pelabuhan yang beroperasi dapat diakses melalui web yang tentunya kewenangan Provinsi.

" Kita dapat mengetahui antrian, puncak penumpang dipelabuhan dengan cara mengakses web yang kita rancang nantinya." Tutur Rahmad Rahim Kadishub Provinsi Riau.(Adv/RP)


Related

Riau 3737701259993541202

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item