Bahan Baku Melimpah, Tiga Kecamatan di Rohil Potensial Pengalengan Kerang

RIAUPUBLIK.COM. BAGANSIAPIAPI -  Kecamatan Bangko, Sinaboi dan Pasir Limau Kapas (Palika) cukup potensial pengembangan usaha pengalengan kerang. Kecamatan yang terletak di pesisir Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) memiliki bahan baku kerang segar yang melimpah. 

Demikian dikataka Palaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Rohil, Drs H Surya Arfan MSi di Bagansiapiapi, beberapa waktu lalu. Agar potensi ini bisa tergarap, maka Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Rohil diminta melakukan pembinaan. 

"Selama ini kita memang sering mendengar pengalengan ikan. Sedangkan pengalengan kerang masih asing bahkan belum pernah kita dengar. Nah, dengan potensi yang kita miliki serta didukung bahan baku yang cukup maka tidak ada salahnya pengalengan kerang kita coba," ujar Surya.

Disebutkan, selama ini, nelayan terfokus hanya mencari dan menjual ikan serta kerang yang segar tanpa terfikirkan peluang pengalengan kerang. Bahkan produksi kerang yang cukup tinggi di tiga kecamatan tersebut tidak terpasarkan secara maksimal.

"Padahal bila dikalengkan, kemungkinan kerang-kerang Rohil memiliki nilai ekonomis tinggi. Artinya, dapat mengangkat perekonomian nelayan," ungkap Surya.

Dilanjutkan, untuk tahap awal diskanlut diminta melakukan pembinaan dengan membuat semacam industri rumah tangga seperti keripik udang, ikan serta kerang. 

"Jika nanti sumber daya manusia (SDM) sudah memadai, barulah kita usahakan mencari investornya untuk membuat pabrik pengalengan kerang," pungkasnya.

Penulis: jumaris.

Related

Rohil 5075239739407859740

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item