Sandiwara Gedung Unisi, Beribu Saran dan Pernyataan Serta Pertanyaan yang Masuk, Namun Pemkab Inhil Masih Belum Ambil Sikap

Gedung Unisi Tembilahan Kab Indragiri Hilir Tampak Dari Luar Gedung

Gedung Unisi Tempat Sampah Ajang Maksiat
RIAUPUBLIK.COM, INDRAGIRI HILIR - Gedung indah yang semula di peruntukkan untuk Universitas Islam Indragiri (Unisi) yang terletak di Jalan Swarna Bumi seperti rumah yang ditinggal oleh pemiliknya, karna tidak terurus lagi. Banyak saran dan pertanyaan serta pernyataan masuk, namun Pemkab masih santai saja.

Diketahui gedung yang sudah selesai audit kemarin sampai hari ini belum ada kejelasan tentang hasil audit tersebut, yang ada hanya statemen dari Pemkab, dilansir dari detikriau.org, Bupati Inhil, H M Wardan mengatakan bahwa pihak Unisi boleh pakai gedung tersebut akan tetapi dengan syarat ajukan permohonan dan sewa.

“Kalau UNISI hendak memanfaatkan gedung, persilahkan tetapi ajukan permohonan dengan syarat sesuai ketentuan-ketentuan yang ada,” ungkap Wardan kepada sejumlah awak media usai menghadiri kegiatan Diskusi Publik di Pondok Indragiri Tembilahan, Rabu (23/3/2016).

Dilansir dari harianriau.co, Secara terang-terangan Mantan Presiden Unisi, Pirman mengatakan bahwa penggunaan gedung memang merupakan wewenang Pemda dalam menentukannya. Hanya saja, sekali lagi Pirman menekankan bahwa perlu adanya publikasi atau sosialisasi terkait peralihan fungsi gedung tersebut.
"Mau digunakan untuk apapun itu hak nya pemda, karena itu merupakan aset Pemda. Yang kita tunggu adalah publikasi hasil audit BPKP dan kajian tim bentukan kemarin serta sosialisasi tentang kebijakan peralihan gedung tersebut. Jika perlu diadakan ekspose," tegasnya.

Selanjutnya salah satu tokoh yang tidak ingin disebutkan namanya menyatakan baiknya Pemda segera ambil langkah bijak, difungsikan segera mungkin meski bukan Unisi.

"Saya sangat sayangkan kondisi gedung tersebut yang tidak di manfaatkan sama sekali, kalaupun tidak bisa di peruntukan untuk Unisi apa salahnya di manfaatkan pada Instansi- Instansi lain, yang jelas tidak terbengkalai seperti itu," ucapnya pada riaupublik.com, saat bincang-bincang dikediamannya, Kamis, (14/4/2016). 

Pandangan dari sebagian masyarakat tentang gedung yang sekian lama tidak berfungsi dan tidak ada penjagaan terselip cerita yang berdampak negatif dari gedung tersebut, dikatakan dari pemuda yang takut disebutkan namanya mengatakan gedung Unisi sudah jadi wadah melampiaskan kenakalan, dimana disana secara bebas dan terang-terangan orang bisa melakukan hal yang menyimpang dari norma agama dan sosial.

"Sudah tidak baik lagi gedung tersebut, selain menjadi tempat pemuda-pemudi foto-foto, tempat itu juga sering dijadikan orang mabuk instan, coba lihat saja disana banyak bungkus komix berserakan dan tempat lem kambing serta kaleng bermerek yang biasa berisi alkohol, terlebih lagi kalau malam hari banyak yang sering mojok di gedung tersebut" ulasnya.

Sementara itu dilansir dari gagasanriau.com, Ketua Komisi I DPRD, H M Yusuf Said menyarankan kepada pemerintah agar gedung mewah yang terletak di Jalan Swarna Bumi, yang beberapa waktu lalu hampir dilalap sijago merah, harus jadi perhatian pemda, sebab gedung itu aset daerah yang menelan anggaran miliaran rupiah.

"Pemerintah seharusnya memberikan petugas penjagaan di gedung itu, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti kemarin hampir saja di lalap api," sebutnya Kamis (3/3/2016).

Berbagai saran, kekawatiran, pertanyaan dan pernyataan muncul di media, akan tetapi sampai sekarang belum ada juga kejelasan secara pasti siapa yang akan menikmati gedung tersebut, dan sampai hari ini Pemkab belum juga menjawab tantangan dari mantan Presiden Unisi mengenai publikasi hasil audit kemarin, selanjutnya pemerintah juga belum lakukan penjagaan sesuai dengan saran dewan, karna itu merupakan aset daerah, dan juga bila dilakukan penjagaan sesuai dengan saran dewan, maka secara otomatis dapat meminimalisir terhadap orang-orang yang tidak bertanggung jawan akan melakukan hal negatif disitu.

Reporter/ BiB

Related

Inhil 7068831526211108767

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item