Hidangan Imlek​ Haisom, Ikan dan Nian Gao, Sajian Simbolik Sambut Tahun Baru

Five Combination Cold and Warm Appetizer
RIAUPUBLIK.COM, PEKANBARU(RIAU)-- Hidangan ini terdiri dari 5 makanan yang berasal dari darat dan laut. Ada crabstick yang terbuat dari kepiting, udang mayonnaise, lumpia sayuran, daging ubur-ubur, dan irisan daging sapi. Menurut Aji 'Chen', makanan ini harus terdiri dari 5, 7, 8, atau 9 sumber makanan. Angka 5 dinilai bagus karena mewakili 5 unsur alam yang meliputi emas, tanah, air, api, dan kayu. Hidangan Imlek tak boleh terdiri dari 4 atau 6 jumlah makanannya karena angka tersebut adalah angka yang buruk.

Hipio Soup
Sup Hipio atau sup gelembung renang ikan ini rasanya sangat gurih. Ada juga yang namanya sup hisit yang terbuat sirip ikan hiu. Tetapi, seiring dengan kepunahan dan harganya yang mahal, sup ini semakin jarang. Tekstur sup ini memang lentur dan kenyal. Sup ini wajib dibuat sebagai lambang ketahanan dan keuletan dalam hidup dalam menghadapi cobaan.

Roasted Duck            

Orang Tionghoa hanya menyajikan roasted duck atau bebek panggang pada hari-hari besar. Bebek yang dimasak dengan banyak bumbu dan dipanggang sampai lembut ini melambangkan kemakmuran. Orang Tionghoa memasaknya dengan harapan agar selalu mendapat kemakmuran sepanjang tahun. Memasaknya juga ada banyak gayanya. Selain dengan Hongkong style, ada juga bebek panggang dengan Cantonese style.



Pindang Bandeng
Ikan yang punya nama latin chanos chanos ini harus disajikan utuh dan tidak boleh dipotong pada saat Imlek. Ikan yang dimasak juga harus ikan yang besar, untuk melambangkan rejeki dan kemakmuran yang akan didapat sepanjang tahun. Supaya enak, bandeng ini harus dimasak dengan banyak bumbu, seperti belimbing wuluh, jahe, bawang putih, cabai, serai, sampai gula merah.

Related

Pekanbaru 3017875891191427175

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item