Bank Riau Kepri Bagansiapiapi Taja Sosialisasi MPNG-2

RIAUPUBLIK.COM, BAGANSIAPIAPI-- 02 desember 2015. Dalam rangka meningkatkan tata kelola keuangan negara berbasis kemajuan teknologi khususnya penerapan sistem penerimaan negara melalui sistem teknologi, ratusan bendaharawan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Riau mengikuti sosialisasi Penatausahaan Penerimaan Negara melalui Sistem MPNG-2.

Sosialiasi yang ditaja Bank Riau Kepri (BRK) Cabang Bagansiapiapi ini dibuka secara resmi Asisten IV Bidang Administrasi Sekretariat Daerah Kabupaten Rokan Hilir, Hj Dahniar di Aula Hotel Lion Bagansiapiapi, Rabu.

Dalam sambutannya, Dahniar mengatakan, Modul Penerimaan Negara Generasi ke-2 (MPNG-2) merupakan sistem elektronik billing terintegrasi untuk mengelola penerimaan negara, sehingga memudahkan para wajib pajak, wajib bayar dan wajib setor untuk melakukan pembayaran.

"Melalui MPNG-2 ini wajib pajak semakin dimanjakan dalam membayar pajak dengan layanan online dan wajib pajak tidak harus antre di Bank atau tempat-tempat pembayaran yang ditunjuk. Bahkan tanpa menggunakan formulir Surat Setoran Pajak (SSP), cukup menggunakan layanan ATM maupun handphone melalui mobile banking," jelas Dahniar.

Kemudahan yang ditawarkan MPNG-2, kata dia tidak ubahnya membeli tiket pesawat secara online, melainkan cukup membuka website, registrasi, dapat kode bayar, bayar di ATM dan tiket akan terkirim ke email customer.

"Dengan berbagai kemudahan tersebut tentu kita semua berharap akan semakin meningkatkan kesadaran para wajib pajak untuk berperan aktif dalam membayar pajak," ujarnya.
Ia berharap usai acara ini setiap Bendaharawan SKPD bisa menerapkan di kantor masing-masing, sehingga apa yang ditujukan bisa tercapai denagn baik. 
"Ingat sektor pajak salah satu pendapatan asli daerah Rohil. Mudah-mudahan dengan sistem baru ini bisa lebih meningkat,' harap Dahniar.

Sementara itu Pimpinan Cabang (Pincab) BRK Bagansiapiapi Bahrun Amid mengatakan bahwa program ini merupakan barang baru dan pihaknya perdana melaksanakan sosialisasi untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak.
"Sementara ini untuk di Bank Riau bisa membayar melalui Teller Bank baik Kantor Cabang maupun Kantor Cabang pembantu," kata Bahrun. 

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Rohil karena sampai saat ini masih dipercaya sebagai Bank pengelola kas daerah. 

"Harapan kita untuk pajak ini juga bisa dilakukan di Bank kebanggan kita semua,' katanya.
Narasumber dari Direktur Pengelolaan Kas Negara Jakarta Herman Hidayat mengatakan, bahwa penerimaan negara memegang peran penting dalam membiayai operasionalisasi dan pembangunan negara. Dimana sebelumnya, penerimaan negara ini telah diintegrasikan antara Kementerian Keuangan dengan perbankan yakni melalui Modul Penerimaan Negara Generasi ke-1 (MPNG-1) yang mencakup semua penerimaan pajak bea cukai, bukan pajak menggunakan Surat Setoran Pajak (SPP).

"Hanya saja, MPNG-1 yang berbasis pada manual billing ini memiliki kelemahan dalam hal kesalahan elemen data, serta banyaknya transaksi pembatalan yang berujung pada lemahnya akuntabilitas transaksi penerimaan negara," terangnya.
Dengan MPNG-2 ini, tambahnya dapat memudahkan Pemkab Rohil serta perusahaan dalam membayar penerimaan negara yang tepat waktu, sehingga dapat meningkatkan akuntabilitas dalam rangka mewujudkan optimalisasi kas, serta dimanapun wajib pajak menyetor akan memperoleh konfirmasi dengan cepat. 

"Kalau dulu belum online. Nah, sekarang MPNG-2 sudah online dan bisa dilakukan pembayaran di kantor cabang pembantu. Selain itu, Bank Riau juga akan menyiapkan sarana pembayaran melalui ATM dan SMS Banking." pungkasnya.(Adven/ jumaris)

Related

Rohil 9079269750911875280

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item