Pengertian Idul Adha dan Bacaan Niat Puasa Arafah Sebelum Idul Adha 10 Dzulhijjah

RIAUPUBLIK.COM, PEKANBARU-- Idul Adha atau Idul Qurban yaitu Hari Raya umat Islam se dunia yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah tiap-tiap tahun pada kalender Hijriyah.

Pada hari ini diperingati momen qurban, yaitu waktu Nabi Ibrahim yang saat itu bersedia buat mengorbankan putranya, Ismail buat menaati perintah Allah SWT. Walau demikian Allah SWT menukar Ismail dengan domba.

Qurban, secara harfiah bisa disimpulkan bermakna hewan sembelihan. Didalam terminologi syariah makna Qurban yaitu hewan yang disembelih saat hari Raya Idul Adha.

Karena lebaran dengan niat beribadah buat mendekatkan diri pada Allah SWT. Berqurban dikerjakan pada tanggal 10 Dzulhijjah yang bertepatan dengan datangnya Hari Raya Idul Adha, lalu tanggal 11, 12, 13, hari tasyrik di bulan Hijriyah.

Niat Puasa Arafah Sebelum Idul Adha 10 Dzulhijjah

Sebelum pelaksanaan untuk menyembelih hewan qurban, tentunya baik dari pihak yang berqurban atau pun pihak yang menyembelih haruslah berniat terlebih dahulu sesuai keadaan yang tengah ingin dilakukan. Yang terpenting ketika hendak melakukan penyembelihan adalah dengan membaca basmallah, “Bismillahirrahmanirrahim”. Lalu selain itu terdapat pula beberapa niat yang di sunnah kan untuk membacanya.

Idul Adha pun tentunya memiliki makna yang begitu penting dalam kehidupan setiap umat muslim. Makna ini perlu lah untuk dipahami agar seluruh umat Islam pun dapat mengkaji ulang serta dapat melalui berbagai cobaan yang telah dihadirkan Allah SWT.

Makna Idul Adha yang pertama adalah menyadari bahwa umat manusia ini merupakan umat yang kecil, meski berbagi kebesaran disandangnya. Hal inilah yang memaknai umat Islam untuk mengumandangan takbir ketika menyambut datangna Hari Raya Idul Adha. Kemudian makna yang kedua adalah, umat manusia menyadari bahwa tak ada lagi yang dapat di Tuhankan selain Allah.

Makna yang selanjutnya adalah, menyadari bahwa pada hakikatnya yang memiliki puja dan pujia tak lain hanyalah Allah SWT. Makna Idul Adha yang keempat adalah menyadiri akan manusia ini yang mengibaratkan sedang hijrah ataupun sedang berpergian. Serta Idul Adha bermakna untuk menyadari kembali akan nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada seluruh hambanya.
  • Niat Puasa Sunah Tanggal 1 – 7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Latin : “NAWAITU SHAUMA SYAHRI DHILHIJJATI SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA”
Artinya : Aku niat puasa sunnah di bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala
  • Niat Puasa Tarwiyah Tanggal 8 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Latin : “NAWAITU SHAUMAT TARWIYATA SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA”
Artinya: Aku niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta’ala
  • Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Latin : “NAWAITU SHAUMA ‘AROFATA SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA”
Advertisements.[RP/***]
 
sbr: aktudas

 

Related

Ekonomi 6029752837478492420

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item