Hingga Bulan Mei 2015 Terdapat 600 kasus dengan 858 tersangka Narkoba

Direktur Reskrim Narkotika Polda Riau, Kombes (Pol) Hermansyah
RIAUPUBLIK.COM, Pekanbaru - Propinsi Riau termasuk daerah yang berkasus tinggi dalam masalah pengguna Narkotika dan sejenisnya.  Dalam penangganan tidak semata harus melalui jalur hukum.  Tapi juga perlu pembinaan yang dilakukan yaitu rehabilitasi bagi pecandu untuk bisa terbebas dari ketergantungan.  Sayangnya hingga saat ini Propinsi Riau tidak miliki panti rehabilitasi.

Untuk itu, Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Riau melalui Kabid Brantas, Haldun dan Dirnarkoba Polda Riau, Hermansyah usulkan untuk dibangunnya Panti Rehabilitasi di Propinsi Riau yang disampaikan dalam rapat kerja dengan Komisi A, DPRD Riau.

Dikatakan oleh Hermasyah, dalam menatasi persoalan pengguna Narkoba , tidak hanya bisa dilakukan persoalan hukumnya. Tapi yang terlebih penting adalah melakukan pembinaan bagi pecandu dengan rehabilitasi.  Untuk itu diminta Oiau harus sudah memiliki panti rehabislitasi.  "Pengguna itu adalah korban, jadi harus diselamatkan", terangnya.

Lebih jauh disampaikan juga, saat ini rehabilitasi yang dilakukan terhadap pecandu narkoba di Rumah Sakit Jiwa Tampan dengan segala fasilitas dan sarana prasarana yang minim.  "Untuk sementara penampungan kita lakukan di RSJ sebelum dlakukan pengiriman ke Lido Jawa Barat", jelasnya sembari mengakui sebaiknya satu propinsi punya satu panti rehabilitasi.

Menyikapi apa yang diminta, Ketua Komisi A, DPRD Riau, Asmi Setiadi menyambut baik apa yang diharapkan.  Diminta untuk melakukan segala persiapan mengenai bentuk pelaksanaan dalam mewujudkan.  Kmisi A siap mendampingi dalam masalah pengaggaran.

Berdasarkan data, hingga bulan Mei 2015 ini sudah tedapat 600 kasus dengan 858 tersangka sabu, ekstasi dan happy five yang terjadi atau sekitar Rp 165 M dana yang terselamatkan atau 465.875 orang yang terselamatkan dari pengguna. (Rpc)

Related

TNI/Polri 2292966699650303931

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item