Puan Maharani & Tjahjo Kumolo Rakap Jabatan. Siti Zuhro: Ini Enggak Etis, Rangkap Legislatif Dan Eksekutif

RIAUPUBLIK.COM, JAKARTA -- Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro, menilai jabatan yang sekarang diemban oleh Puan Maharani dan Tjahjo Kumolo secara tidak langsung melakukan rangkap jabatan sebagai menteri dan juga sebagai anggota DPR. Menurutnya, hal tersebut tidak elok dilihat dari segi politik.

“Ini nggak etis, kan ada etika politik dalam melakukan tanggung jawabnya mereka di parlemen,” ungkap Siti Zuhro kepada Republika.co.id, Sabtu (16/5). Menurutnya, tentu harus ada aturan main dalam menjalanan tugas mereka di parlemen.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jika memang secara hitam di atas putih tidak menyebutkan secara eksplisit aturannya bukan berarti dapat melakukan rangkap jabatan. “Seharusnya kan mereka sudah tau risikonya ketika Pak Jokowi mengatakan tidak boleh rangkap jabatan,” kata Siti.

Terkait hal tersebut, masih menurut Siti, rangkap jabatan yang dilakukan oleh kedua anggota DPR tersebut tidak bisa dibenarkan. Siti menjelaskan, artinya tidak dimungkinkan dalam waktu bersamaan seseorang dalam sistim kepemerintahan merangkap menjadi badan legislatif dan eksekutif juga. 

Selain itu, Siti menilai hal tersebut selain tidak elok juga secara moral tida bisa diterima. ''Dalam hal ini, secara moral politik tidak bisa begitu saja mempertanggungjawabkan kepada publik begitu saja. Sebagai pejabat publik, mereka harus bertanggung jawab sesuai tugasnya dengan rules yang benar,” jelas Siti.

Diketahui sebelumnya, sudah selama enam bulan ini Puan Maharani menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet Jokowi. Namun di lain sisi hingga sekarang ini proses Pergantian Antar Waktu (PAW) sebagai Anggota DPR belum juga selesai.

Sbr: Rol

Related

Politik 2666067467982417915

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item