Pilkada Riau, KPU Targetkan Satu Putaran

RIAUPUBLIK.COM, PEKANBARU- - Pemerintah Provinsi Riau menargetkan pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) serentak yang akan digelar di daerahnya dapat berjalan aman dan hanya satu putaran.

Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan untuk efisiensi dan efektifitas penggunaan anggaran, diharapkan pemilukada berjalan satu putaran.

"Dalam rapat koordinasi tadi kami kembali mengingatkan agar setiap komponen penyelenggara pemilukada melakukan penguatan dan persiapan secara menyeluruh, termasuk efisiensi dan efektif dalam anggaran," katanya usai rapat koordinasi, Senin (11/5).

Menurut dia, landasan hukum penyelenggaraan pemilukada serentak lewat UU No8/2015, mengamanatkan kepada Pemprov Riau untuk ikut mengawasi pelaksanaan pemilukada di sembilan kabupaten dan kota.

Sembilan daerah itu adalah Rokan Hilir, Rokan Hulu, Pelalawan, Siak, Bengkalis, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Meranti, dan Kota Dumai.

Dari pemaparan beberapa kepala daerah dan perwakilan yang hadir, ada daerah yang sudah mengganggarkan biaya penyelenggaraan pemilukada di APBD murni dan ada yang belum.

"Untuk yang belum menganggarkan, kami mendorong supaya segera dibahas dengan legislatif dan dianggarkan lewat APBD Perubahan 2015," kata Andi.

Direktur Jenderal Keuangan Daerah Kemendagri Reydonnyzar Moenek mengatakan setiap daerah kabupaten dan kota penyelenggara pemilukada serentak harus menyiapkan anggaran daerahnya.

"Tidak ada alasan bagi daerah tidak menganggarkan biaya pemilukada, karena ini amanat undang-undang," katanya.

Kalaupun ada daerah yang tidak sanggup dalam pembiayaan pemilukada ini, harus dicarikan jalan keluar atau dibantu oleh pemerintah provinsinya.

Moenek menilai kabupaten dan kota di Riau tidak mungkin tidak memiliki anggaran, karena daerahnya hang memiliki potensi daerah cukup besar.

"Kalau daerah di Indonesia Timur yang tidak punya kekayaan sumber daya alam itu wajar, jadi di Riau tidak mungkin ada kabupaten yang tidak sanggup membiayai pemilukada," katanya.***


Sbr: Beritasatu







Related

Politik 7161657342216087745

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item