Golkar Kubu Agung Paparkan Alasan Kebuntuan Islah

RIAUPUBLIK.COM, JAKARTA -- Ketua Bidang Hukum dan HAM Partai Golkar Kubu Agung Laksono, Lawrence Siburian mengegaskan, islah tidak bisa dilakukan untuk menyelesaikan konflik kepengurusan antara dua kubu Partai Golkar. Sebab, dua kubu telah sepakat menggunakan keputusan peradilan sebagai jalan mengakhiri sengketa.

“Kami sudah pernah mencoba untuk islah, bahkan sejak tahun lalu. Masing-masing kubu sudah mengirimkan juru runding untuk memulai islah. Namun, keinginan untuk islah tidak berlanjut karena ada poin-poin yang tidak bisa dicari titik temunya oleh kedua belah pihak,” ujar Lawrence saat dihubungi ROL, Jumat (15/5).

Poin yang tidak bisa disepakati adalah soal menentukan siapa yang menjadi Ketua Umum Golkar dan keinginan untuk keluar dari koalisi merah putih (KMP). Masing-masing kubu, kata Lawrence, bertahan dengan calon Ketum dan pendirian masing-masing.

Sementara, poin yang berhasil disepakati bersama adalah soal dukungan terhadap pemerintahan yang sah, pemilihan presiden secara langsung, dan Pilkada langsung.

Ketidaksepakatan pada akhirnya memperpanjang perselisihan hingga kedua kubu sulit menemukan titik temu. Bahkan, islah dirasa tidak mungkin karena poin yang dipertentangkan menyangkut prinsip masing-masing kubu.

“Kami sudah sepakat bahwa solusi sengketa kepengurusan adalah proses peradilan. Kubu siapa yang nanti akan memenangkan keputusan yang sah dan mengikat, maka merekalah yang akan memimpin Golkar ke depannya,” terang Lawrence.

Selain soal keputusan pengadilan, kedua kubu juga sepakat bahwa tidak akan ada partai baru sebagai pecahan dari Golkar. “Kami sudah sepakat bahwa masing-masing kubu tidak akan membentuk partai baru. Yang kalah harus menghormati yang menang sementara yang menang wajib merangkul yang kalah,” tutup dia.

sbr: rol

Related

Politik 6581816779116090880

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item