Soal Blok Mahakam, Total Dinilai Mulai Mengalah

RIAUPUBLIK.COM, JAKARTA -- Pertemuan antara petinggi perusahaan migas Perancis, Total, pejabat terkait, dan Presiden Joko Widodo menghasilkan titik terang pengelolaan Blok Mahakam. Kesimpulan pengelolaan blok yang dikelola Total hampir 50 tahun itu akan selesai paling lambat tiga pekan lagi.
Namun, Total telah memberikan sinyal siap bekerjasama dengan Pertamina selama masa transisi. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menilai, induk usaha Total E&P Indonesia, Total SA siap bekerjasama dengan Pertamina mengelola Blok Mahakam.

Menurut Sudirman, telah terjadi perkembangan positif dalam hubungan kerja sama antara Total dan Pertamina. ''Kepemimpinan tertinggi konfirmasi untuk kerja sama ke depan,'' kata dia dalam Konferensi Pers di Istana Negara seusai pertemuan pejabat terkait, Total, dan Presiden, Jumat (15/5).

CEO Total SA Patrick Pouyanne mengatakan, keinginannya untuk tetap berinvestasi di Indonesia dan bekerjasama dengan perusahaan nasional telah disampaikan kepada Presiden Jokowi.

Menurut Patrick, Presiden telah membuka pintu bagi Total untuk terus berinvestasi di Indonesia. Rincian kerja sama akan diberikan pada waktu mendatang. Saat ini sedang proses pencarian solusi terbaik.

Patrick menyebutkan, setiap tahun sekitar 1,5 sampai dengan dua miliar dolar AS diinvestasikan Total di Indonesia. Karena itu, kepastian masa depan blok Mahakam menjadi krusial dalam berinvestasi.

Dia menghargai permintaan Presiden Jokowi terkait Total sebagai rekan bisnis Indonesia. ''Kami siap kerja sama dengan Pertamina untuk masa depan Blok Mahakam,'' ujar dia.

Sudirman menuturkan, kedua belah pihak telah pamah untuk menjaga kelangsungan produksi migas di Blok Mahakam. Formula kerja sama pada masa transisi masih dikaji.

Patrick menegaskan, pertemuan tadi membahas visi setelah kontrak Blok Mahakam usai pada 23 Desember 2017. ''Kontrak yang ada sekarang akan dijalankan sampai selesai 2017 dan kita akan memasuki periode baru,'' ujar dia.

SBR: ROL

Related

Ekonomi 1447659107824005977

Posting Komentar

emo-but-icon

Siak

Siak

Ik

Ik

Ikln

Ikln

LPPNRI RIAU

Dewan Redaksi RPC

publik MERANTI

Galery&Adv

Dewan Bengkalis

Newspelalawan

Komisi Pemberantasan Korupsi

Sum

Sum

PEMKAB SIAK

dewan bengkalis

Follow Us

Ikln

Ikln

Rohil

Rohil

Rohil

Rohil

DPRD Rohil

DPRD Rohil

Uc

Uc

Uc

Uc

uc

uc

UCP

UCP

UC

UC

Hot News

Recent

Comments

Side Ads

item